Penyakit wasir bisa menyebabkan beberapa komplikasi berbagai komplikasi yang biasa ditimbulkan oleh penyakit wasir adalah :

1. Ulserasi Terjadi luka pada bagian Mukosa (selaput lender)

2. Prolaps dan strangulasi Terjadinya prolaps dari wasir dalam dan bila terjepit dapat menyebabkan gangguan peredaxan darah sehingga bisa terjadi nekrosis atau matinya jaringan.

3. Anemia dari perdarahan yang berulang Keluarnya darah yang disebabkan karena sobeknya pembuluh darah hemoroidalis yang terjadi barulang-ulang, akan menyebabkan kekurangan darah (anemia) pada penderita wasir.

4. Trombosis Vena Trombosis terjadinya karena tekanan yang tinggi pada vena ( misahlnya pada saat batuk, mengedan, atau ibu yang baru melahirkan ) vena lebar yang menonjol dapat terjepit dan tenjadi thrombosis.

5. Lnfeksi Setelah thrombosis dengan udem atau pembengkakan dan radang bisa mengakibatkan infeksi.

6. Portal Pyaemia (peradangan Supuratif vena porta) Perdarahan yang berasal dari saluran cerna Untuk mengetahui apakah menderita wasir perlu diadakan pemeriksaan lebih rinci.Karena bukan hanya penyakit wasir yang menyebabkan keluarnya darah dari anus.ada beberapa keadaan yang berhubungan dengan perdarahan yang berasal dari saluran cerna bagian proksimal sampai pada rectum dan anus.

Beberapa penyakit yang menyebabkan perdarahan yang bisa keluar bersamaan dengan tinja, bisa disebabkan antara penyakit yang satu dengan yang lainnya berdasarkan penyebabnya, perdarahan bias juga disebabkan berdasarkan pada ada atau tidaknya rasa nyeri. Beberapa keadaan yang berhubungan dengan perdarahan yang berasal dari saluran cerna dibagi menjadi yang berasal dari

(1) saluran cerna bagian proksima,

(2) usus halus dan usus besar, serta

(3) rectum dan anus.di bawah ini akan dijelaskan keadaan - keadaan tersebut. Perdarahan yang berasal dari saluran cerna bagian proksimal

1. Ulkus peptikum (lambung atau duodenum) Perdarahan ini dapat dialami oleh semua umur termasuk pada anak- anak, .perdarahan terjadi dalam berbagai jenis, mu1ai dari darah yang keuar secara samar hingga perdarahan berat.

2. Gasritis erosife Terjadi pada usia dewasa lebih dari 25 tahun biasanya perdarahan ringan dan kadang sampai perdarahan hebat.Aspirin dan alcohol sering mempengaruhi keadaan.Uremia besat dan penyakit hati kronik bisa mempengaruhi terjadinya perdarahan ini.

3. Gastritis atrofis Terjadi pada usia dewasa, lebih dari 25 tahun. Perdarahan ini biasanya ringan.Sering dihubungkan dengan anemia pemisiosa, adanya autoantibodi, dan derajat kesamaan getah lambung yang berkurang.

4. Varises esophagus Terjadi pada dewasa dan anak - anak dengan hipertensi portal. Perdarahan terjadi massif dan secara tiba-tiba.

5. sindroma Mallory - Weiss pada tempat antara lambung dan esophagus. Terjadi pada semua umur biasanya pada orang dewasa yang agak tua. Beratnya perdarahan ini bervariasi,tergantung dari dalam dan tempat kerusakanya.

6. hernia hiatus, esufagitis Sering ditemukan pada usia lebih dari 40 lahun. perdarahan ini biasanya ringan.

Perdarahan yang berasal dari usus halus dan usus besar

1. Divertikulum Meckel Sering ditemukan pada anak dan orang dewasa muda, Perdarahan sedang. Tinja berwarna merah atau sawo matang disebabkan oleh ulserasi peptik dan mukosa gastrik yang ektopik.

2. Polip Bisa terjadi pada semua umur. Perdarahan biasanya ringan, sering berselang seling antara darah dan tinja.

3. Diare karena infeksi Bisa terjadi pada semua umur. Perdarahan biasanya ringan, bisa juga agak berat. Penyebab infeksi bisa karena shige1a, amuba, atau clostridium difficile.

4. Penyakit inflamasi usus besar ( Crohn, kulitis ulseratif ) Bisa terjadi pada remaja atau orang dewasa yang berumur kurang dari 60 tahun. Perdarahau biasa ringan, bisa juga masif.

5. Penyakit divertikulum Lebih banyak terjadi pada orang berumur lebih dari 40 tahun. Perdarahan biasa ringan dan sering berselubung.

6. Malformasi pembuluh darah Terjadi pada orang dewasa yang lebih tua. Perdarahah biasa ringan, kadang-kadang mamyebabkan kematiam.

7. Karsinuma Terjadinya pada orang tua. Beratnya perdarahan dari terselubuug hingga agak berat.

Perdarahan yang berasal dari rektum dan anus

1. Hemoroid atau wasir Terjadi pada orang dewasa. Perdarahan biasanya ringan. Warna darahnya merah menyala.

2. Fisura Anerektal Perdarahan ini terjadi karena robekan di daerah sekitar anus dan rectum, terjadi pada semua umur. perdarahan biasanya ringan. Perdarahan yang berdasarkan ada atau tidaknya rasa nyeri Adanya nyeri Terjadi pada fisura (robekan) dan canal kanal(keganasan pada anal kanal). Tidak adanya nyeri bisa dibagi berdasarkan sifat darah :

1. Darah yang bercampur dengan tinja Tejadi pada kanker kolon atau polyposis ( pertumbuhan jaringan dari dinding usus atau anus yang menonjol ke dalam usus atau anus)

2. Daruh Tinja Terjadi pada kanker rectum

3. Darah setelah buang air besar Pada wasir ( hemoroid ) / piles / polyps

4. Darah dan Lendir Terjadi pada kolitis kronik ( ulseratif ), amuba, tubercular, dan villous papiloma.

5. Darah saja Terjadi pada penyakit di vertikulum